ARTIKEL TENTANG BATU AKIK MATA KUCING (CAT EYE AGATE)

Ada yang unik kenapa Batu Mulia yang satu ini disebut Cat eye (Mata Kucing)… Kita tahu bahwa kucing yang konon disebut binatang kesayangan Cleopatra ini punya satu keistimewaan yang merupakan ciri khas hewan-hewan yang aktif di waktu malam (hewan nocturnal). Matanya akan seperti bersinar jika ia berada di lingkungan yang pencahayaannya sangat minim. Mengapa mata kucing terlihat bersinar? Bagaimana bisa demikian? Karena bagian mata yang disebut tapetum lucidum-lah yang memiliki peran besar menjadikan mata kucing bersinar dalam gelap.
Begitu juga dengan Batu Mulia yang kita sebut Cat eye (Mata Kucing)…bila didalam kegelapan dan ada seberkas sinar, maka muncullah segaris sinar mirip dengan mata hewan yang bernama kucing…disinilah keunikan batu ini hingga orang tergila-gila mencari batu yang bernama cat eye. Para pengamat percaya bahwa inclusion dari batu ini memberikan kesan tersendiri dari cat eye atawa mata kucing. Hal Ini membawa hasil apabila cahaya yang terpancar pada batu itu dipantulkan oleh inclusion yang lebih cerah dan kelihatan seperti mata kucing yang terkena cahaya. Dan bila batu ini dicondongkan, dan juga seolah-olah bergerak merentasi bahagian atas batu. Alhasil, pasaran cat eye menjadi tinggi seiring kualitas yang menyertainya…
Batu mata kucing atau Cat eye banyak berasal dari banyak negara, beberapa diantaranya adalah Srilangka, India, Afrika, Brazil, dan Indonesia Batu Mata Kucing berdasarkan materialnya merujuk kepada batu permata dari keluarga chrysoberyl. Ini karena fakta karakteristik cat eye didapati dan terjadi pada batuan jenis chrysoberyl dan dikenali sebagai chrsoberyl cat eye. Tapi selain itu terdapat juga batu permata lain yang menampilkan ciri cat eye seperti quartz cat eye, ruby cat eye, peridot cat eye, sapphire cat eye, emerald cat eye, dan moonstone cat eye.
Chrysoberyl cat eye mempunyai kekerasan 8 pada skala Mohs dengan warna varieti dari warna kuning lemon, kuning madu, dan kuning kehijauan sehingga ke warna hijau dan hijau coklat. Chrysoberyl cat eye merupakan batu permata yang menampilkan keindahan dan keajaiban alam semulajadi yang cukup sempurna.
Menengok khasiat dari Batu Mata Kucing atau Cat eye ini adalah diyakini dapat menambah keberanian serta anti rasa takut.
Selain batu mulia yang lain, Cat eye adalah paduan kemewahan dan akan membawa aura kemewahan bagi pemakainya. Karena saat ini harga pasaran cat eye cukuplah menguras kantong kita kalo lagi cekak. Bayangkan saja untuk cat eye bening warna madu, kita musti rela mengeluarkan uang sebesar Rp 200.000 hingga Rp 1 juta. Itu yang kualitas menengah. Bagimana dengan yang kualitas nomor wahid? Ask by yourself please….
sumber : http://satrio74.wordpress.com