TIPS MEMBEDAKAN BATU MULIA ASLI ATAU PALSU

searching of batu akik, cara membedakan batu akik palsu dan asli, batu mulia,batu permata, batu akik combong, batu akik bertuah, batu akik anggur spirtus, batu akik anggur oli, batu akik pandan air, batu akik kinyang air, batu akik pandan susu, batu akik kecubung teh, batu akik kecubung ulung, batu akik kecubung tanduk, batu akik kecubung jarong, batu akik jenis badar dll.


Banyak sekali orang  terkecoh antara batu Mulia / Batu Akik Palsu dan Asli, Berikut cara-cara mudah untuk membedakannya :

1 Plastik atau Kaca itu bening, sedangkan batu alami kebanyakannya mengandung serat-serat di dalamnya. Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu alam yang bersih tanpa serat.

2. Coba tempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa batu anda itu asli.

3. Berat. Coba bandingkanlah batu asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu.

4. Bila permata anda itu adalah berlian, maka untuk membuat anda benar-benar yakin akan keasliannya, maka anda bisa menggunakan alat testing berlian. Sebagian besar penjual menyediakan alat ini. 

5. Cara mudah Untuk Mutiara, cara yg paling mudah adalah menggigit mutiara tersebut sekuat-kuatnya. Jika tdk ada perubahan seperti terkelupas atau pecah maka dapat dipastikan mutiara tersebut asli.

6. Jika Batu Mulia/akik punya anda sendiri anda bisa menyundutnya dengan Rokok (membakarnya dengan korek api sebentar saja) ada bisa lihat perubahan pada batu anda jika batu tersebut palsu.

7. Bila anda masih ragu-ragu juga, sebaiknya bertanyalah kepada ahlinya demi keselamatan anda.


Alasan yang menyebabkan batu Mulia/akik tinggi harganya :

Dalam penilaian  ada beberapa jenis  Batu Mulia/akik yg sangat digemari, yaitu Berlian, Jambrut, Mira, Mata Kucing, Safir, badar besi, Bacan dan di samping jenis-jenis tersebut masih banyak pula yg digemari orang.
Untuk mereka yg mau membeli dgn harga tinggi disebabkan oleh beberapa hal, misalnya senang kepada warnanya, kemurniannya, modelnya, besarnya, langkanya, sternya (sinar yg bergerak-gerak di batunya), tetapi ada pula orang yg memakainya karena batunya dirasakan membawa rejeki/hoki, menyehatkan tubuhnya, menimbulkan rasa sayang dari orang lain, dan sebagainya.